Tentang Daun Singkong: Manfaat, Kandungan dan Olahannya

Mengonsumsi sayur-sayuran memang sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh. Terang saja karena sayur mayur merupakan salah satu dari 5 makanan yang tergolong dalam 4 sehat 5 sempurna. Namun sayang sekali masih banyak orang yang mengabaikannya. Sebagian orang merasa malas mengonsumsi sayur yang menurut mereka, rasanya tidak selezat mengonsumsi lauk pauk. Padahal mengabaikan sayur bisa membuat kondisi badan Anda tidak baik. Sebagian orang yang sadar akan pentingnya kesehatan, justru memilih untuk hidup sebagai vegetarian. Ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin memiliki pola hidup yang sehat.

Ada banyak sekali jenis sayur mayur yang bisa menjadi pilihan Anda untuk dikonsumsi. Tidak hanya kangkung, bayam, atau brokoli. Tapi ada juga jenis sayur yang cenderung lebih murah, namun kaya manfaat. Rasanya juga nikmat, apalagi bila kita bisa mengolahnya dengan baik. Yaitu daun singkong.

Tanaman singkong, selain kita bisa memanfaatkan umbinya sebagai bahan konsumsi yang lezat, kita juga bisa memanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi sebagai sayuran yang sehat. Daun singkong sangat mudah dijumpai di Indonesia. Terutama di daerah pedesaan. Bahkan banyak di daerah sana yang sengaja menanam singkong sendiri di kebun kemudian memanfaatkannya untuk dimasak.

Macam Kandungan Daun Singkong untuk Tubuh

Selain dikenal karena harganya yang murah, daun singkong juga dikenal memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Apa saja kandungan daun singkong yang bermanfaat untuk tubuh kita? Yang pertama daun singkong mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu daun singkong juga mengandung vitamin, yaitu vitamin A dan B1. Selain vitamin, daun singkong juga memiliki kandungan karbohidrat serta asam amino esensial. Apa saja guna berbagai macam kandungan yang ada dalam daun singkong tersebut untuk kesehatan tubuh kita?

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh. Karena kandungan vitamin B yang dimiliki oleh daun singkong, mengonsumsi daun ini bisa membantu tubuh kita untuk melancarkan metabolisme. Yaitu membentuk sel-sel baru dan membantu mengembangkan sistem kinerja tubuh kita dengan baik.
  2. Meningkatkan energi. Kandungan protein yang baik serta asam amino yang tinggi pada daun singkong bisa membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Ini sangatlah bagus untuk menambah asupan tubuh kita sehari-hari.
  3. Sumber antioksidan tubuh. Apa manfaat antioksidan dalam tubuh? Tentu saja antioksidan bisa mengurangi radikal bebas yang terdapat dalam tubuh kita. Radikal bebas ini bila dibiarkan bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya kanker dalam tubuh. Selain itu antioksidan untuk kecantikan juga bisa mencegah penuaan dini.
  4. Regenerasi sel tubuh. Lagi-lagi kandungan asam amino esensial yang terdapat dalam daun singkong ini sangatlah bermanfaat. Terutama untuk meregenerasi sel tubuh kita. Sel-sel yang sudah mulai rusak, bisa diperbaiki melalui kandungan asam amino ini.
  5. Membantu diet. Jika Anda sedang dalam program untuk diet mengurangi berat badan, daun singkong bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus. Karena kandungan serat yang tinggi serta protein bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh kita. Selain itu asam amino esensialnya bisa membantu membakar karbohidrat dalam tubuh menjadi energi.

Manfaat Daun Singkong untuk Obat

Selain beragam kandungan yang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh tersebut, ternyata daun singkong bisa juga dijadikan sebagai obat tradisional berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah untuk mengobati penyakit diare. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan merebus 7 lembar daun singkong kemudian masukan dalam air mendidih sebanyak 800cc. Setelah direbus, lalu ambil air rebusannya saja. Minum secara rutin pagi dan sore masing-masing 200cc.

Resep Olahan Tumis Daun Singkong

Selain sebagai ramuan pengobatan penyakit, daun singk9ng juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan menyehatkan sehari-hari. Salah satu resep daun singkong yang enak yaitu Tumis Daun Singkong. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat tumis daun singkong antara lain, satu ikat daun singkong, 4 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, lengkuas yang sudah dimemarkan, daun sereh, daun salam, 5 cabe rawit, serta kombinasi cabe merah dan cabe hijau sesuai selera. Sedangkan untuk bumbunya Anda siapkan garam, dan gula merah secukupnya.

Cara memasaknya pertama, cuci bersih terlebih dahulu daun singkong. Potong bawang merah, bawang putih, dan aneka cabai. Panaskan di atas api kecil tambahkan sedikit minyak. Masukan semua bumbu, tumis hingga wangi. Masukan lengkuas, salam, dan sereh. Tambahkan sedikit air, garam secukupnya, serta gula merah. Aduk hingga rata. Icipi apakah rasanya sudah pas, lalu masukkan daun singkong hingga layu.

Anda juga bisa menambahkan saus tiram agar lebih sedap. Atau juga Anda bisa gunakan terasi sebagai tambahan. Jika Anda menggunakan tambahan terasi maka masukkan pada saat awal menumis bumbu. Tentu saja terasi harus dibakar terlebih dahulu. Setelah dirasa semuanya cukup, matikan api. Maka tumis daun singkong sudah siap untuk disajikan dengan nasi putih hangat.